Halaman

Jumat, 07 September 2012

MISTERY TEMPAT-TEMPAT SEJARAH DIKOTA MALANG


Back to horor again guys ^_^ oke, jika kalian berasal dari Malang atau tinggal diMalang tentunya kalian tau tempat-tempat bersejarah dikota dingin tersebut. Dimulai dari Tugu, Museum Brawijaya, Wisma Tumapel, dan tempat-tempat lainnya. Malang adalah salah satu kota dimana kota ini menjadi saksi bisu kerasnya baku hantam di era penjajahan, Banyak lokasi-lokasi yang tidak tersebut oleh mulut manusia karena memang hampir seluruh malang merupakan tempat singgah para penjajah dan pribumi, tempat yang menyaksikan tetesan-tetesan kringat dan darah dari orang-orang terdahulu.
Well, kisah ini dimulai ketika aku menyaksikan sebuah acara ditelevisi dan aku mulai bermimpi tempat-tempat ini dan secara berurutan aku mengunjungi tempat-tempat ini. mungkin benar kata orang-orang tua.. ketika kita datang ketempat “mereka” sebenarnya kekuatan merekalah yang mengundang kita memasuki ruang-ruang mereka.
Kisah pertama, beberapa waktu lalu dua orang teman dari Korea sebut saja nama mereka E (cewek) dan Y (cowok) mereka meminta untuk berjalan-jalan,dengan ditemani satu orang lagi bernama B (cowok) aku melakukan perjalanan dan B memutuskan untuk pergi ke Tugu.. Bisa dibayangkan,sistem 6(six) sense ku secara otomatis bekerja dan barang-barang non kasat mata itu berkeliaran dimana,mana, sempat berfikir “Emang gak ada tempat romance lain nya gitu?? Kalau ini sih namanya bersenang-senang diatas uji nyali”, tempat yang benar-benar mengharukan dan menyeramkan.
Setelah pulang dari Tugu, esoknya seorang teman mengajak E, Y dan aku untuk mengunjungi Museum Brawijaya.. sebut saja namanya D (cowok), Sssseeeezzzttt seakan aku sedang memutar kembali ingatan didalam mimpiku yang didalamnya aku mengunjungi sebuah tempat dimana terdapat banyak barang-barang sejarah. Disana kami menelusuri satu persatu tempat dan yaaaah.. lagi-lagi sesosok bayangan hitam melintas, aku tidak tahu sosok apa itu dan mengapa dia mondar-mandir disitu karena memang cepat sekali.. dan pastinya kalian tau tentang keberadaan gerbong maut itu kan? Yah.. tempat dimana ratusan orang berebut oksigen dalam perjalanan yang jauh, hanya beberapa orang saja yang selamat, sungguh mengenaskan.
Tempat ketiga ini memang ada didalam mimpiku tetapi aku tidak tau tempat apa ini, dan akhirnya aku menemukan jawabannya ketika alam nyata ku memasuki dimensi mereka, tempat bersejarah ini adalah bangunan dimana terdapat orang-orang berseragam.. yupzz Sekolah, sekolah ini letaknya dekat dengan tugu. Y dan E tergabung dalam suatu organisasi yang kebetulan saat itu sedang mengadakan Korean wave digedung sekolah itu, dapat terlihat jelas sisa-sisa pembantaian berada pada saksi-saksi bisu dan energi yang sangat kuat mengelilingi gedung itu, teriakan, serta jerit tangisan yang darimana arahnya..aku sendiri juga tidak tahu, terlihat perempuan-perempuan belanda berada disana, tiba-tiba ada suara keras seperti orang yang sangat murka. Yang ada dalam otakku saat itu adalah, mengapa aku bisa berada disini?dari tempat-tempat yang ku kunjungi sebelumnya secara berurutan didalam mimpiku itu.
Kali ini aku mengikuti sebuah farewel party Y yang kebetulan dekat dengan Wisma Tumapel, sebelumnya aku tidak tahu tempat apa itu (padahal udah berkali-kali lewat sana), seusai acara.. aku melintasi jalanan itu dan disana lagi-lagi terlihat orang belanda, seorang laki-laki tampan dengan umur kira-kira 30an dan tinggi itu memasuki halaman wisma, terasa begitu erat hubungannya dengan tempat-tempat sebelumnya. Apakah tempat-tempat itu ada kaitannya dengan cerita tedahulu? Cerita orang-orang terdahulu yang menyisakan duka, dendam, amarah, dan kekesalan? Semua terjadi karena sebuah penyiksaan dan pembantaian yang kejam.
Mungkin anggapan dari kalian ini adalah hal biasa, mengunjungi tempat-tempat seperti itu.. kalian juga pasti pernah melakukannya, tetapi sebelumnya aku bermimpi tempat-tempat itu sebelum benar-benar tahu bagaimana situasi dan kondisi tempat itu didalam dunia nyata. Pertanyaan yang ingin kuketahui, mengapa jalan cerita urutan tempat-tempat itu terjadi secara berurutan juga didalam dunia nyataku? Apakah kota ini ingin menunjukkan bagaimana sejarah nya pada seorang dari luar kota sepertiku?? Entahlah, Mistery kota Malang akan selalu ada.. karena memang, semua tempat mempunyai sejarahnya masing-masing.

6 komentar:

  1. di SMA Tugu tuh, tepatnya di bawah aula tugu ada lorong yang bila ditelusuri bisa sampai ke Stasiun kota Baru. Konon disana dulu banyak orang-orang Belanda yang dibantai sama orang Jepang

    BalasHapus
  2. hmmm baru tahu gan sejarah2nya,sayang bnyak yg gk terawat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang gak terawat dan yang gak kita ketahui masih banyak..

      Hapus
  3. mungkin lebih bagusnya dipasangkan list post untuk nama tempat tempat bersejarahna

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kl itu sy juga kurang tahu dimana tempat2 sejarahnya,hehhehe

      Hapus

Silahkan Berkomentar, tapi jangan nyepam ya ....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...